Resep Otak-Otak Bandeng, Nikmat!

  • Aug 13, 2018
  • sambiroto-tayu
  • BERITA

Salah satu olahan Bandeng yang terkenal adalah otak-otak bandeng . Makanan ini enak buat camilan dan untuk lauk pauk. Umumnya dijual matang dan siap goreng, disajikan lengkap bersama sambal dan dikemas sebagai  oleh-oleh bagi pengunjung untuk dibawa ke rumah. Rasanya yang gurih dari padu-padan antara daging bandeng, telur dan bumbu-bumbu yang mudah di dapat/dijumpai pasar. Ingin mengetahui resepnya? Yuk simak resep sederhana untuk membuat Otak-otak Bandeng. Dijamin lebih sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi bersama keluarga Anda.

  • Bahan-bahan

- 2 ekor ikan bandeng, @ 700 gr - 300 gr kentang, goreng, haluskan - 1 sdt garam - ½ sdt merica halus - 2 butir telur, kocok sebentar - 2 sdm bawang goreng, haluskan

  • Cara membuat

-  Bersihkan ikan, buang sisik, insang dan isi perut -  Potong bagian leher, jangan sampai putus -  Pukul-pukul perlahan badan ikan dengan ulekan hingga daging keluar melalui leher -  Balikkan kulitnya melalui lubang leher, keruk daging/duri yang masih menempel pada dinding kulit, bilas                   dan tiriskan -  Buang duri ikan dari dagingnya, tumis dengan 1 sdm minyak goreng, hingga duri muncul. Sisihkan dan bersihkan duri-durinya - Campur daging ikan dengan kentang, kelapa sangrai, garam, merica, telur dan bawang goreng - Tekan ke dalam kulit ikan, jangan terlalu padat - Bungkus ikan dengan daun pisang atau alumunium foil yang sudah diolesi margarin. Kukus selama 15 menit - Angkat, lepaskan bungkusnya, goreng hingga kecokelatan, atau panggang dalam oven hingga kecokelatan - Potong-potong sesuai selera. Jika ingin membuat ikan lebih awet untuk disimpan dan siap digoreng pada waktu tertentu, Anda dapat menyimpan Otak-otak Bandeng yang telah dikukus lalu letakkan dalam wadah tertutup, masukkan ke dalam freezer/lemari es. Goreng dan sajikan segera agar tetap hangat, lebih nikmat jika disajikan bersama sambal terasi buatan sendiri. Ingat, hati-hati dengan duri yang masih tertinggal di dalam dagingnya.