Masa Depan Data Keluarga: Kartu Keluarga Kini Ada Barcodenya!

  • Aug 14, 2023
  • SAMBIROTO-TAYU
  • BERITA

Pati (04/08/2023) – Dokumen yang dulunya berupa kertas ini, kini bisa diakses secara digital dengan teknologi QR Code. Kini dokumen tersebut hadir dalam bentuk baru yang lebih canggih. Di mana dalam dokumen tersebut tidak ada lagi tanda tangan basah pejabat Dukcapil sebagai bentuk legalisasi. Melainkan dilengkapi QR Code atau Barcode yang jika discan akan terhubung langsung ke situs Dukcapil. Kemajuan ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses data kependudukan.

 

https://i.ibb.co/74xR62Y/reportase-1.jpg

Contoh dokumen Kartu Keluarga ber-barcode

Berdasarkan hal tersebut, Adela Sanmutiane (21), mahasiswa jurusan Administrasi Publik K Rembang Undip yang tergabung dalam KKN Tim II Undip 2022/2023 mengajak masyarakat Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati untuk melakukan pembaharuan Kartu Keluarga melalui program pembaharuan Kartu Keluarga Ber-Barcode. Pada minggu 5, tepatnya  4 Agustus 2023, dilakukan sosialisasi mengenai Kartu Keluarga Ber-Barcode yang merupakan inovasi yang dilakukan pemerintah bertempat di balai Rt 1 Rw 1 Desa Sambiroto. Tujuan diadakannya program ini adalah untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk melakukan pembaharuan Kartu Keluarga Ber-Barcode.

Dalam pelaksanaan program, mahasiswa KKN Undip (Adela Sanmutiane) menyampaikan sejumlah poin penting seperti apa itu Kartu Keluarga Ber-Barcode, perbedaan Kartu Keluarga Ber-Barcode dengan Kartu Keluarga model lama, serta manfaat melakukan pembaharuan Kartu Keluarga Ber-Barcode. Pembaharuan Kartu Keluarga Ber-Barcode punya sejumlah kelebihan dan manfaat antara lain, yaitu:
– Memudahkan masyarakat dalam mengakses data kependudukan.
– Mengurangi risiko rusak dan hilang.
– Dokumen KK dapat dicetak sendiri.
– Tidak perlu datang ke kantor Dukcapil untuk mengurus dan legalisir dokumen KK.
– Mengurangi risiko pungli dan calo.
– Mengurangi risiko pemalsuan dokumen KK.
– Penghematan anggaran negara.