MAHASISWA TIM II KKN UNDIP MENYERUKAN SYANTIK (SAY NO TO PLASTIC)

  • Aug 14, 2023
  • SAMBIROTO-TAYU

 

Sambiroto, Tayu (27/07/2023) – Sebanyak lebih dari 8 juta ton plastik dihasilkan oleh dunia tiap tahunnya. Sampah-sampah plastik yang memasuki badan perairan menjadi ancaman terhebat bagi para spesies maupun biota laut. Mereka tidak dapat membedakan antara plastik maupun makanan sehari-hari, sehingga tak jarang terdapat beberapa hewan yang mati akibat mengonsumsi plastik. Plastik yang masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan penyumbatan dan infeksi pada usus, hingga dapat mengakibatkan kematian pada biota laut apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP dari program studi S1 – Manajemen Sumber Daya Perairan, Setiyawanti Aurista Putri Nandini melaksanakan program kerja dalam mengurangi penggunaan plastik sehari-hari, kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Sambiroto yang dilaksanakan di ruang kelas pada hari Kamis (20/07/2023).

Perlu dilakukannya sosialisasi ini mengingat masih banyak dari siswa-siswi yang belum mengetahui bahaya limbah plastik bagi biota perairan. Diadakannya sosialisasi ini juga dapat memberikan wawasan lebih bagi para siswa mengenai dampak yang terjadi kedepannya apabila menggunakan plastik secara terus-menerus. Diharapkan setelah sosialisasi ini berlangsung, penggunaan plastic di SD Neger 1 Sambiroto dapat berkurang demi tercapainya lingkungan yang bersih dan sehat, serta pula di lingkungan perairannya.

Oleh karena itu, adanya kegiatan ini diharapkan seluruh siswa-siswi dapat mengurangi penggunaan limbah plastik dengan cara sederhana, salah satunya dengan:

  1. Mengganti tas plastik dengan tas kain (totebag);
  2. Menggunakan sedotan berbahan dasar kertas atau bahan yang mudah terurai;
  3. Daur ulang plastik bekas pakai menjadi barang dengan nilai guna baru.