Inovasi Mahasiswa KKN Undip Dorong Pertumbuhan UMKM Desa Sambiroto Melalui Business Model Canvas

  • Aug 14, 2023
  • SAMBIROTO-TAYU
  • BERITA

Desa Sambiroto, 26 Juli 2023 - Sukses memanfaatkan potensi ekonomi yang belum sepenuhnya tereksplorasi, Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro telah memulai langkah inovatif dengan mengenalkan konsep Business Model Canvas kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sambiroto. Melalui program "Sosialisasi Pengenalan Business Model Canvas untuk Kemajuan UMKM di Desa Sambiroto", mahasiswa berkomitmen membantu menghadirkan pertumbuhan yang berkelanjutan bagi desa ini.

Mayoritas penduduk Desa Sambiroto menggantungkan mata pencaharian sebagai nelayan dan pedagang, namun pertumbuhan UMKM terhambat oleh keterbatasan pengetahuan tentang pengembangan bisnis modern. Dalam usaha untuk mengatasi kendala ini, mahasiswa KKN Undip membawa konsep Business Model Canvas ke tengah-tengah komunitas desa. Konsep ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM merumuskan strategi bisnis yang efektif, dengan fokus pada elemen-elemen kunci seperti ide bisnis, segmentasi pasar, dan pendekatan pemasaran.

Dalam serangkaian kegiatan sosialisasi yang digelar di balai desa, mahasiswa KKN memperkenalkan konsep Business Model Canvas secara interaktif kepada para pelaku UMKM. Ibu Sumarni, pemilik warung makanan korea, merasa terinspirasi, "Saya belum pernah berpikir terlalu jauh tentang bisnis saya sebelumnya, tapi mudah-mudahan dengan sosialisasi ini saya bisa lebih siap dalam mengembangkan usaha."

Cut Nurjanah, mahasiswa KKN yang terlibat dalam program ini, menjelaskan tujuan di balik program tersebut, "Saya ingin memberikan alat praktis kepada UMKM untuk merancang rencana bisnis yang kokoh dan berkelanjutan. Business Model Canvas membantu mereka mengidentifikasi peluang, mengatasi hambatan, dan meningkatkan daya saing." Dengan pengenalan konsep bisnis yang lebih modern, diharapkan UMKM di Desa Sambiroto dapat berkembang lebih pesat dan berkontribusi dalam perekonomian desa.